Tuesday 16 April 2013

Jajanan Dari Tepung Beras


Tepung beras
Jajanan tradisional Indonesia masih menjadi primadona yang dicari-cari oleh banyak orang. Selain tingkat gizinya yang tinggi, aneka jajanan tradisional ini tidak menggunakan bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Tepung beras adalah salah satu jenis bahan yang digunakan untuk membuat jajanan tradisional Indonesia. Kandungan protein, karbohidrat, dan serat sangat baik bagi tubuh. Selain memberikan energi bagi tubuh, tepung beras juga mengenyangkan. Berikut ini adalah salah satu jenis jajanan yang menggunakan tepung beras sebagai bahan utama pembuatnya.
Kue mangkok
Kue mangkok adalah salah satu aneka jajanan yang bisa anda temui di berbagai acara di Indonesia. Dalam acara-acara penting kekeluargaan, kue mangkok kerap hadir sebagai kudapan yang tidak boleh dilewatkan. Dengan warna yang menarik, kue mangkok menjadi favorit banyak orang. Kue mangkok dibuat dari tepung beras, air kelapa, soda kue, gula merah, air, daun pandan, kelapa parut, dan garam.
Kue mangkok dibuat dengan cara mencampur tepung beras dengan bahan-bahan yang lainnya seperti air kelapa dan soda kue. Sambil menunggu selama 2 jam agar lubang-lubang kecil muncul diatas permukaan adonan, persiapan lainnya harus dilakukan. Air, gula merah, dan daun pandan dimasak hingga mendidih menggunakan api kecil. Setelah itu cairan gula merah dimasukkan ke dalam adonan tepung beras. Setelah dituang dalam cetakan, adonan siap dikukus hingga matang.

No comments:

Post a Comment