Wednesday 10 July 2013

Sarapan Sehat Penunjang Diet

JFEC saat ini menjadi incaran bagi orang yang bermasalah dengan berat badan. Perempuan merupakan golongan yang paling sibuk berdiet. Padahal tidak semua diet bagus untuk tubuh. Bahkan jika tidak dikontrol dengan baik dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti kurang gizi, badan terlalu kurus, timbul penyakit di saluran pencernaan, dan lain-lain.

Konsumsi makanan yang sehat sebaiknya tiga kali sehari yaitu pada saat pagi hari, siang hari dan malam hari. Makan pagi atau sarapan sebaiknya tidak makan terlalu banyak mengandung kalori. Tapi cukup makan makanan yang mengandung protein dan sedikit karbohidrat. Sebagian orang ada yang meremehkan sarapan dengan alasan tidak biasa atau belum lapar. Padahal sarapan penting untuk membantu pembentukan energi sebelum beraktifitas. Sementara penambahan energi setelah beraktifitas diatasi dengan makan siang yang biasanya mengkonsumsi banyak karbohidrat seperti nasi, kentang dan makanan mengeyangkan lainnya. Hal yang sama juga dilakukan pada saat makan malam. Hanya saja porsinya bisa lebih sedikit.
Para pelaku diet biasanya mengesampingkan pentingnya sarapan. Makan siang juga sedikit dan menghindari makan malam. Perilaku seperti ini bukannya membuat diet berjalan lancar, tapi justru dapat membuat badan lemas dan sakit. Karena itu diperlukan JFEC yang sehat agar program diet tidak terganggu. Beberapa makanan yang bagus untuk sarapan diet diantaranya :
•    Telur 
Telur mengandung protein tinggi. Memakan telur pada saat sarapan dapat mencegah keinginan untuk ngemil. Sehingga nafsu makan berkurang. Selain protein, telur ternyata juga mengandung etiolire yang penting untuk daya ingat, karoten dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata. 
•    Pisang
Satu buah pisang mengandung kurang lebih 422 mg potassium. Selain itu pisang juga mengandung serat dan vitamin C yang bagus untuk mengontrol otak. Memakan pisang sebelum jam makan siang dapat membuat tubuh merasa kenyang. 
•    Jeruk Bali
Jeruk Bali merupakan sumber vitamin C dan potassium. Makan jeruk Bali di waktu sarapan dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan jeruk Bali juga mengandung serat yang dapat membuat tubuh merasa kenyang. 
•    Teh
Teh mengandung sedikit kalori. Teh jenis tertentu seperti teh hijau bahkan dapat membantu menurunkan nafsu makan sehingga baik untuk berdiet. Selain itu teh juga mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. 
•    Oatmeal
Oatmeal menyediakan energi dalam waktu yang lama karena mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Hal ini membuat tubuh kenyang lebih lama karena dicerna perlahan oleh tubuh.

No comments:

Post a Comment