Friday 19 July 2013

Tips Membersihkan Bagian Genital si Kecil

Perawatan kulit bayi harus dilakukan secara menyeluruh, setiap bagian tubuh si Kecil terutama lipatan-lipatannya yang sering terlewati harus mendapatkan perawatan yang baik dan tepat. Bagian tubuh si Kecil yang harus diberikan perhatian ekstra dan memerlukan ketelitian serta harus dilakukan dengan benar adalah bagian bawah si Kecil atau bagian genitalnya. Selain harus dilakukan dengan benar, perlengkapan untuk membersihkannya pun harus Bunda cermati dengan baik, apakah dapat menimbulkan iritasi atau tidak.

Saat ini, membersihkan bagian bawah atau bagian genital bayi sudah bukan menjadi masalah besar, terutama jika Bunda sedang mengajak si Kecil bepergian. Karena, sudah tersedia tisu basah khusus bayi yang sangat praktis, aman dan lembut yang dapat menggantikan peran air untuk membersihkan genital si Kecil. Namun, masih ada sebagian dari Bunda yang masih tetap lebih mempercayai air untuk digunakan saat membersihkan genital si Kecil.

Apapun pilihannya, ada beberapa hal yang sebaiknya harus tetap Bunda perhatikan, yaitu:
1.    Gunakan tisu basah yang memang di ormulasikan khusus untuk bayi. Karena tisu basah khusus bayi sudah diklaim tidak mengandung alkohol. Dan jika ternyata kulit si Kecil mengalami iritasi, segera hentikan pemakaian tisu basah.
2.    Ketika membersihkan bokong si Kecil, baik menggunakan tisu basah atau kapas basah, Bunda harus menyekanya dari arah atas genital ke belakang atau dubur. Sehingga, bakteri atau kuman penyakit dari dubur tidak berpindah tempat ke genital si Kecil.
3.    Jika si Kecil berjenis kelamin perempuan, sebaiknya bagian dalam genitalnya dibersihkan dengan air mengalir agar terhindar dari iritasi.

Sebenarnya air dan tisu basah memiliki kelebihan serta kekurangan, dimana air tidak akan mengakibatkan iritasi, murah dan aman namun tidak praktis, apalagi saat Bunda membawa si Kecil berpergian. Sedangkan tisu basah, sangat praktis, namun beresiko menimbulkan iritasi dan tidak ekonomis.

Pilihlah sesuai dengan yang Bunda inginkan, yang terpenting saat memberikan perawatan kulit bayi harus dilakukan dengan teliti dan benar, agar kulit si Kecil tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

No comments:

Post a Comment